QI GONG WEIDAN >> ( Latihan & Manfaat ) ( 9 )

### Falsafah Wei-Dan Qi Gong

Secara bahasa wei dan qi gong berarti, wei=pertahanan, dan=ladang energi, qi=energi vital dan gong =bangkitnya daya vital yang di karenakan latihan tekun dan terus menerus hingga mencapai gong. Dari makna dasarnya dapat kami ambil pesan singkat dan bebas, bahwalatihan wei dan qi gong adalah tehnik latihan intensif untuk membangkitkan energi pertahanan pada tubuh manusia yang hanya di capai bagi orang yang berlatih dengan tekun dan sungguh-sungguh.

 Pertanyaannya, kenapa selalu latihan dan metode berhubungan dengan qi dan gong? ini suatu hal menarik untuk di bahas.

pertama kami mulai dari qi.dalam tcm di percaya dan di yakini bahwa qi adalah komponen dasar pembentuk alam semesta.karena segala sesuatu di alam semesta ini merupakan hasil dari gerak aktif qi.termasuk kondisi dalam tubuh manusia seluruhnya di atur oleh pergerakan dan aktifnya qi.qi dalam tubuh manusia di peroleh dari qi sari pati makanan dan qi dari udara (oksigen dsb).dengan aktifnya qi sitem dalam tubuh di semua organ dapat berjalan lancar dan melestarikan kehidupan.

a. Pembentukan qi dan fungsinya.

Qi dengan berbagai jenisnya secara umum di kelompokkan menjadi 2 jenis.yaitu qi yang ada sejak sebelum lahir (qi jing kongenital) yang berasal dari qi dari kedua orang tua.dan qi sesudah lahir yang terus menerus tercipta dari proses konsumsi sari pati makanan dan udara jernih dari alam).untuk jenis yang kedua inilah yang kita latih dan kita giatkan guna memperkuat dan melestarikan qi kongenital sebelum kelahiran dan tubuh secara keseluruhan.

Qi secara umum berfungsi sebagai berikut:
*Fungsi menggerakkan.termasuk pergerakan pertumbuhan,perkembangan,mendorong fisiologi semua organ dalam tubuh manusia,meridian,jaringan,menunjang pembentukan darah dan peredarannya serta mendorong metabolisme cairan tubuh manusia.
*Fungsi penghangat.qi berperanan penting dalam mengatur dan menyetabilkan suhu tubuh manusia agar selalu dalm keadaan normal dan stabil bagi kehidupannya.
*Fungsi pelindung.Qi memperkuat daya tahan tubuh dengan memberikan perlindungan dari dari serangan patogen dari luar dan juga mengusirnya dari tubuh.
*Fungsi menguatkan dan mengukuhkan. Qi mengontrol dan mengatur kerja jaringan dan organ dalam tubuh. Seperti:
-mengontrol xue (darah) beredar normal dalam nadidan mencegahnya keluar dari saluran.
-mengontrol dan mengatur eksresi pembunangan keringat,urin,air mani dan mencegah tubuh kehilangan cairan dengan sia-sia.
-megukuhkan mani dan mencegah emisi seminal.
-menetapkan semua organ berada pada tempatnya (mencegah penurunan organ tubuh/mencegah prolaps.

b.Pergerakan Qi.
Dalam kenyataan, fungsi dari qi dapat tercapai sepenuhnya bila pergerakan, qi berjalan normal dan lancar. Dalam teori TCM, qi bergerak dalam 4 pergerakan dasar, yaitu : qi naik, qi turun, qi keluar dan qi kedalam. Pergerakan 4 gerak dasar qi adalah perwujudan dari gerak aktifitas hidup tubuh manusia. Bila 4 gerakan ini berhenti maka kehidupan akan berakhir.
Fungi dan pergerakan normal qi dalam mendorong, merangsang aktifitas fungsional tubuh manusia yang meliputi jaringan, organ dan meridian dan alat tubuh manusia bila telah normal, lancar dan serasi di kenal dalam TCM dengan istilah “qi tiao chang” (gerakan qi lancar serasi). Apabila gerak tidak normal dan serasi di sebut “qi ji shi tiao” (gerak qi kehilangan serasi).

c. Macam-macam Qi.
1.Yuan qi.
Qi dasar dan paling penting dalam semua bentuk qi. Qi ini terbentuk dari jing bawaan yang tersimpan dalam ginjal. Keberadaannya tergantung dari jing qi yang bersumber dari hasi olahan limpa lambung. Yuan qi berfungsi merangsang pertumbuhan dan perkembangan. Berpusat di mingmen (pintu gerbang kehidupan). Yuan qi merupakan promotor aktifitas hidup manusia.

2.Zhong qi.
Qi hasil dari gabungan nutrien dan udara jernih di dada, yaitu gabungan antara kerja jantung dan paru-paru. qi ini beredar di dari dada turun ke dantian memasok energi dan memupuk yuan qi. Zhong qi menguasai saluran napas dan peredaran darah.

3.Ying qi.
Ying qi terbentuk di solar pleksus (qiao tengah), ying qi beredar bersama darah dan cairan tubuh untuk menyegarkan dan memberi nutrisi kehidupan seluh tubuh, organ cang fu, jaringan dan alat tubuh. zying qi beredar di bagian dalam dan menutrisi (melalui pembuluh nadi).

4.Wei qi.
Wei qi berjalan di luar pembuluh nadi, berfungsi sebagai pusat energi pertahanan. Sebenarnya wei qi dan ying qi berasal dari satu sumber, namun berbeda tempat dan dayanya. Yinqi beredar di saluran darah dan bersifat yin dan wei qi beredar di luar pembuluh darah dan bersifat yang. Weiqi sebagai energi pelindung beredar di daerah luar di dalam kulit dan di antara otot. Dia menybar juga secara bebas melindungi organ dalam dada dan perut dan dapat keluar masuk pembuluh darah untuk menjalankan misi pertahanan dan perlindungan.

Dengan dasar inilah wei qi lahir dengan tujuan melatih secara intensif dan istiqamah (terus menerus) agar fungsi pertahanan dan perlindungan dapat terjaga dan di semangatkan sehingga semua sistem berjalan stabil, harmonis sebagai mana mestinya, awet muda dan berenergi dalam segala aktifitas.

Sesuai dengan prinsip falsafah TCM : “yang melestarikan yin, yin melahirkan yang”. Wei qi melindungi zhongqi, zhong qi menghasilkan wei qi”. ”Luar menjaga dalam, dalam menciptakan luar”. Gerak melahirkan diam, diam melahirkan gerak.

Prinsip wei dan membangkitkan energi luar, pertahanan aktif agar kekuatan dalam terpupuk juga dan terlahir kembali dan bertranformasi. Hal ini dapat terjadi bila praktisi menjaga gong; Latihan terus menerus untuk melestarikan energy; Tetap semangat dan berdaya efektif. Bila gong (hasil daya yang bangkit dari latihan) telah terwujud, maka kesehatan, ketahanan, kesenangan, rileks, energik, dan awet muda akan terlahir dengan izin-Nya yang kuasa tentunya. Karena secara sunnatullah (hukum alami) segala hal melalui sebab musabab yang harus di usahakan dengan sungguh-sungguh dan pada akhirnya sebagai orang2 yang beriman, hasil akhir tetap bersandar kepada Tuhan YME karena qi masih ciptaan-Nya dan dalam koordinasi peraturan dan perintah-Nya.

Dalam tradisi TCM, orang yang telah mendedikasikan waktu dan energinya dalam berlatih dengan rutin dan sungguh2, maka dalam tingkat tertentu dia berhak bila saatnya tiba untuk mendapat gong fu (kung fu). yaitu pencapaian tingkat daya energi tertentu yang dapat di manfaatkan untuk berbagai kepentingan. Baik hanya sekedar kesehatan, awet muda, ketahanan ataupun supranatural. Tergantung ke arah dan tujuan mana sang praktisi mengarahkannya sesuai dengan dasar dan tujuan masing-masing.

Bersambung >>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s