QI GONG WEIDAN >> ( Latihan & Manfaat ) ( 4 )

### Meridian Dan Pengaruh Latihan

Banyak alasan dan filsafat kesehatan yang mendasari bahwa latihan tubuh amat berpengaruh dan penting dalam membangkitkan kekuatan dan vitalitas tubuh menuju hidup sehat dan panjang umur. Dalam keilmuan Cina di di yakini bahwa sistem dan optimalisasi kerja tubuh amat di tentukan oleh aktif dan lancarnya perjalanan meridian, dimana meridian adalah jalur energi dari dua belaas organ yang bertanggung jawab untuk mengadakan hubungan komunikasi, saling membangun dan menyelaraskan semua kerja organ melalui hubungan yang berkesinambungan dan mengalir tanpa henti untuk menghidupi dan menyegarkan kehidupan.Adalah qi sebagai penggerak hidup bagi semua organ, untuk mendistribusikan zat-zat hidup (nutrient) , membersihkan za-zat sampah dan memprkuat sistem pertahanan (anti bodi) yang mengalir dengan selaras dari satu organ menuju organ lain memelihara kehidupan.Bila qi lancar, maka seluruh organ akan berjalan dengan baik untuk melestarikan hidup sehat. bila qi terhambat dalam salah satu organ saja,maka penyakit akan muncul mengganggu keseimbangan kerja sistem organ. Guna menhancurkan sumbatan dan mengusir gangguan penyakit terdapat banyak cara yang bisa di lakukan, di antaranya adalah olah tubuh intensif untuk mengaktifkan qi, membangun tubuh dan mengusir patogen penyakit.Dua belas organ di hubungkan satu sama lain dengan suatu sistem yang di sebut meridian. Jalur energi (sistem hubungan meridian) ini tersebar di seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Bisa Anda lihat sekilas pada gambar, di kedua tangan berjalan enam meridian organ 3 YANG (api) dan 3 YIN (air). yaitu daiyin paru, saoyin hati, dan cie yin pericardium semua berunsur Air/pasif dan menutrisi. Sedangkan yang tiga lagi berunsur YANG/api/aktif yaitu yang ming usus besar, dai yang usus kecil dan sao yang san ciau.

Pada kaki terdapat 6 meridian organ denan jalur api dan 3 jalur air.yaitu dai yin limpa,sao yin ginjal,dan cie yin hati semua berunsur air (yin). Sedangkan 3 unsur apinya yaitu yang ming lambung,dai yang kandung kencing,dan saoyang kandung empedu.

Dari ke 12 organ membentuk jaringan energi yang rumit dan menakjubkan, mengalirkan tenaga hidup tanpa henti di satukan oleh dua stasiun energi pusat yang berlawanan yaitu pusat api dan pusat air. Dalam ilmu Cina di kenal meridian Du dan Ren. Dua meridian ini mempunyai akar yang menyatu dalam pusat kepala (otak). Yang pada akhirnya membuka pintu langit yang di sebut titik seratus api.

Berikut secara bertahap kan kita jelaskan latihan pemanasan weidan yang amat penting sekali untuk membuka seluruh jalur anergi 360 titik agar aktif dan menhancurkan sumbatan. Amat penting untuk para pelaku supranatural untuk menghidari efek dari kemacetan energi yang berbahaya, menyehatkan tubuh dan pikiran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s